Searching...
Friday, 11 March 2016

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Di Solo




 
solo surakarta



Ada dua Kesultanan tua di Jawa Tengah, Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Solo Surakarta. Yogyakarta lebih dikenal sebagai kakak dari Surakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia lebih sering mengenal tentang Yogyakarta dari pada Solo dalam pariwisata. Alasan nya adalah bahwa Solo lebih terkenal dengan bisnis daripada pariwisata. Banyak wisatawan yang belum mengenal Solo, ini sedikit memalukan karena ada banyak hal-hal unik yang dapat dilakukan di Solo. Berikut adalah daftar beberapa hal terbaik yang dapat Anda lakukan dan jumpai di sekitar Solo. Saya berharap setelah membaca artikel Anda akan setuju bahwa Solo juga merupakan tujuan wisata.
  
Mari kita mulai dengan, 

Keraton Surakarta
Keraton Surakarta

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745 Masehi. Sebelumnya ibukota Keraton berada di Kartasura, yang berjarak lebih kurang 12 km barat Kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta dibuka untuk umum setiap hari jam 08.30-14.00, dan hari Minggu jam 08.30-13.00. Kraton tutup pada hari Jumat. Di Keraton Surakarta ini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan kerajaan yang terdapat di dalam museum seperti Kereta kencana, pusaka, dan juga berbagai benda peninggalan lain. Untuk memasuki museum yang berada di dalam area kraton, diwajibkan memakai sepatu dan bercelana panjang. Bagi yang memakai sandal disarankan untuk dilepas sehingga tanpa alas kaki alias cekeran, bagi yang bercelana pendek akan dipinjami sebuah kain yang dibelitkan dari pinggang hingga ke kaki

Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran


 2. Pura Mangunegaran


Pura Mangunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambar Nyawa, setelah penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Raden Mas Said kemudian menjadi Pangeran Mangkoe Nagoro I. Istana Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik adalah keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat atau utuh.

Pasar Klewer
Pasar Klewer

 3. Berburu Batik Di Pasar Klewer

Bagi yang menyukai batik mungkin wajib berkunjung kesini. Pasar Klewer merupakan pasar pusat perbelanjaan kain batik yang letak nya bersebelahan dengan Keraton Surakarta.
Pasar Klewer menyediakan berbagai macam jenis kain dan pakaian mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, orang tua, pakaian resmi, pakaian sekolah, pakaian kemeja wanita dan pakaian santai. Selain itu, terdapat kaos, jaket, dasi, kain bahan katun hingga sutra. Namun,yang menonjol di Pasar klewer adalah adanya berbagai macam jenis batik. Di antaranya batik tulis Solo, batik cap, batik antik keraton, batik pantai keraton Solo dan batik putri Solo. selain itu, ada berbagai jenis batik dari Yogyakartan, Pekalongan, Banyuwangi dan kota-kota lain nya. Di pasar ini juga tersedia kain batik untuk baju, seprai, sarung bantal dan aksesori-aksesori bermotif batik.
Selain terkenal dengan pusat batik, pasar ini menyediakan makanan, kerajinan, pernak-pernik, barang elektronik, emas dan peralatan dapur. Ada juga kerajinan khas masyarakat Solo yang berkualitas ekspor, seperti cermin kayu ukir, kaca ukir dan berbagai cinderamata berbahan dasar kaca.

Pasar Triwindu
Pasar Triwindu

4. Berburu Barang Antik Di Pasar Triwindu

Pasar Triwindu, merupakan surga bagi para pemburu barang antik. Setelah memasuki gapura pasar seketika mata akan dimanjakan oleh beragam barang-barang antik yang dipajang di kios-kios. Mulai dari hiasan pintu sampai patung batu bisa ditemukan di sini, dari wayang sampai meriam logam juga ada.
Jangan kaget ketika menemukan setrika arang dengan ciri khas patung jago dipucuknya itu, juga ketika kusamnya uang-uang logam jaman baheula menyapa mata kita, dan tak terhitung topeng-topeng kayu warna-warni yang tersedia di komplek pasar ini. Banyak barang tak terduga yang bisa kita jumpai, bahkan konon dulu pernah ada barang antik dari Keraton Solo yang nyasar di Pasar Triwindu, jika anda penasaran boleh ditanyakan kepada para pedagang di sana.

Taman Balekambang
Taman Balekambang

 5. Rindang Nya Taman Balekambang

Mulai di buka menjadi hutan kota pada tahun 2008 membuat Taman Balekambang makin ramai di kunjungi wisatawan. Pada saat libur tiba, jangan tanya ramainya seperti apa. Monyet-monyet kecil, rusa dan angsa yang sengaja dipiara menjadi obyek hiburan tambahan bagi anak-anak, juga para orangtua dan keluarga yang menyertainya. Kereta kuda, perahu kayuh dan mobil-mobilan yang bisa dinaiki empat orang pun tersedia untuk melengkapi sarana wisata kota.Selain untuk berwisata, tak jarang pula tempat ini di gunakan sebagai tempat foto pre wedding. Terletak di dekat Stadion Manahan dan juga Terminal Bis Tirtonadi membuat tempat ini mudah di akses.

0 komentar:

Post a comment

 
Back to top!